Pasangan idaman

Posted on
  • by
  • ابوالياس
  • in
  • Label:
  • Suatu ketika "pada Hari itu, bagai ada kekuatan magnit raksasa, nyaris seluruh warga kota Damaskus tersedot ke Istana Khalifah. Dari mulai para pembesar,
    para amir daerah, pengawal hingga para penduduk memadati Istana, memancarkan rona wajah sedih dan cemas. Penyebabnya adalah Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik tengah diterpa sakit keras dan berada di ambang pintu kematian.

    Para wanita, istri-istri Yazid, Hisyam, Maslamah (saudara-saudara Khalifah) di ruang sidang menanti dengan penuh harap dan cemas, apakah suami mereka kelak akan menggantikan kedudukan khalifah? Barangkali, hanya seorang wanita yang duduk agak terpisah, yang berpenampilan lain, wajahnya rupawan, namun pandangan dan pembawaaannya kelihatan tenang. Ia adalah Fathimah binti Abdul Malik, saudara perempuan khalifah Sulaiman bin Abdul Malik.

    Suasana dalam ruangan majelis sidang terasa begitu hening dan mencekam. Keheningan ini entah berlangsung sampai kapan, ketika itu dari dalam kamar khalifah tidak muncul seseorang. maka dengan Seketika itu petugas istana mengumumkan, bahwa khalifah telah wafat dengan tenang. pada akhirnya pengumuman itu di bacakan dan langsung disambut hadirin dan hadirat dengan ucapan duka : " Inna lillahi wa inna ilaihi rooji’un…!. Kemudian selang beberapa saat, disusul pengumuman berikutnya : ‘Umar bin Abdul Aziz adalah Amirul Mukminin yang baru…!.

    Dari pojok ruangan, ada seorang wanita yang duduk terpisah, bangkit berdiri. Ia adalah Fathimah binti Abdul Malik. Duka atas wafat kakaknya, Sulaiman bin Abdul Malik, sepertinya masih belum mampu menutupi rasa suka cita atas pengangkatan Umar bin Abdul Aziz, suaminya menjadi khalifah yang baru. Sayangnya, luapan kegembiraan wanita itu terkikis sudah, apa boleh buat harus dipendam dulu, dikarenakan waktu itu suaminya masih berada di suatu negeri yang jauh. Namun demikian, fathimah telah mempersiapkan berita gembira ini, bila nanti sang suami tercinta tiba di Istana . sang istri ingin memberikan sebuah kejutan kepada suaminya dengan sebuah pesta penyambutan kedatangan beliau kelak. "betapa suamiku akan merasa senang dengan kabar luar biasa ini…! Wajah Fathimah ketika itu berbinar-binar,

    Tatkala beberapa rombongan pembantu Istana datang ke hadapan fatimah dengan membawa berita yang berisikan " khalifah menolak memakai kendaraan Istana. Amirul mukminin Umar bin Abdul Aziz memilih naik keledai biasa menuju tempat tugas. Pembantu yang lain memberitahukan, bahwa khalifah telah membatalkan upacara penobatan secara besar-besaran.
    Pada kesempatan itu juga, secara tegas khalifah baru melarang semua jenis upacara yang menunjukkan kebesaran, kemegahan ataupun kemewahan. Dan mulai saat itu, Umar bin Abdul Aziz menyatakan, tidak akan memanfaatkan fasilitas dan khazanah kekayaan istana, bahkan beliau mengumumkan, sejak saat itulah menghapuskan seluruh kebiasaan Istana yang cenderung menampakkan kemewahan dan kemegahan.

    Semua kalangan mendengar, ketika mulai diberlakukannya perubahan-perubahan itu sehingga membuat heran seluruh penghuni Istana, terutama Fathimahlah yang paling terkejut mendengar pernyataan suaminya yang amat mengejutkan. Ia hampir tidak percaya, suaminya itu, dulu juga sejalan cara dan gaya hidupnya dengannya. Bukankah mereka disandingkan sebagai suami-istri karena persamaan status, dari keluarga yang terhormat? Yang jelas terbiasa dengan berbagai kenikmatan fasilitas hidup? Mengapa tiba-tiba berpaling dari kebiasaan selama ini, sementara kekuasaan ada dalam genggamannya? Fathimah masih diliputi tanda Tanya besar ( ? ) terhadap suaminya. Saat itu juga, Fathimah melihat telah terjadi perubahan besar pada diri suaminya, Umar bin Abdul Aziz kelihatan lebih tawadlu dan zuhud. Barulah pertanyaan besar itu terjawab tatkala sang suami tercinta mengatakan akan bertekad memakmurkan rakyat dengan jabatannya itu. Namun ia mengingatkan bahaya besar bagi diri dan keluarganya, bila tidak mampu memegang amanah jabatannya. Karena itu, khalifah Umar bin Abdul Aziz memilih tempat kediaman lama dari pada harus mendiami Istana baru.

    Dalam kisah panjang antara Fathimah dengan suaminya amirul mukminin umar bin abdul aziz, barulah sang istri memahami jalan hidup dan pemikirannya, apa yang akan ditempuh suaminya. Segala kemewahan yang dulu pernah mereka Rasakan, lantaran mereka keluarga khalifah, boleh jadi tidak sah, dan akan melalaikan mereka dari amanah dan tanggung jawab. Hal ini berarti dosa besar, yang akan mengantarkan mereka kepada pintu neraka.

    Kemuliaan bukanlah ditakar dengan harta, pangkat dan keturunan, tapi dengan takwa. Keluarga khalifah harus tampil di depan sebagai sosok teladan bari rakyatnya. Mengayomi, membimbing, menjaga dan melayani rakyat. Bukan sebaliknya, dilayani rakyat, bersenang-senang dengan aneka fasilitas yang berasal dari jerih payah rakyat, menggunakan kekayaan rakyat dan Negara.
    Khalifah dan keluarganya tidak layak memiliki fasilitas-fasilitas istimewa itu. Demikianlah, penggalan-penggalan nasehat Umar bin Abdul Aziz kepada Fathimah, istrinya.

    Setelah itu, Khalifah Umar bin Abdul Aziz menawarkan kepada istrinya, apakah Fathimah akan mengikuti cara hidup baru ini, atau kalau tidak ingin menderita, lebih baik kembali kepada keluarganya. Jawaban Fathimah, “Ya..suamiku. Lakukanlah apa yang engkau kehendaki dan aku akan selalu mendampingimu. Aku bukanlah wanita yang hanya suka mengikuti dalam kesenangan, namun jika kesusahan datang, aku meninggalkanmu!”. Selanjutnya, khalifah zuhud itu berkata kepada istrinya, “Fathimah, kau tahu bukan, bahwa semua harta yang ada di tangan kita, di tangan saudara-saudara kita, berasal dari kaum muslimin. Aku ingin menarik dan mengembalikan semua itu ke Baitul Mall. Hal itu aku akan mulai dari diriku sendiri. Aku tidak akan menyisakan sedikitpun selain sebidang tanah yang kubeli dengan harta bayaranku sebagai pegawai. Dan aku akan hidup dari tanah itu..!”.

    Langkah pertama khalifah Umar bin Abdul Aziz dalam merealisasikan rencananya adalah membebaskan para budak, baik wanita maupun pria. Seluruh pelayan Istana pun dilepaskan. Semua harta yang ada dikembalikan ke Baitul Mall. Sementara dia dan istrinya berdiam di satu rumah di samping masjid di kota Damaskus.

    Sejak itulah, hari-hari Fathimah pun diwarnai dengan Ibadah dan kerja keras melayani masyarakat. Kemewahan yang dulu amat lekat dengan hidupnya telah berganti dengan kezuhudan. Ia begitu setia membantu suaminya dalam melaksanakan tugas-tugas Negara. Tatkala suaminya sakit karena bekerja keras, Fathimah menunggui dan merawatnya dengan penuh kasih sayang. Hingga saudaranya, Maslamah bin Abdul Malik datang menjenguknya, dan melihat pakaian khalifah yang kotor. seraya berkata : “Ya Fathimah ! Gantikan pakaian amir mukminin dengan yang lebih baik, karena banyak umat yang akan berkunjung”, jawab Maslamah. “Dia tiada mempunyai yang lain, selain yang dikenakannya itu” jawab Fathimah.

    AKhirnya tibalah Keguncangan hidup yang paling dalam dirasakan Fathimah, tatkala ditinggal wafat suaminya. Ia terus menerus menangis hingga penglihatannya menjadi kabur. Ketika ditanya kenapa sampai sedih sedemikian rupa?. Fathimah menjawab, “Aku takut, apakah aku mampu istiqomah dalam ketaatan kepada Alloh ta'ala sepeninggalNya…!”. Ya memang, hakekatnya beliau sebagai petunjuk/ pembimbing jalan akherat . setelah sekian lama digembleng dalam tempaan tarbiyah Umar bin Abdul Aziz. Hingga saudaranya Yazid yang kala itu telah memangku jabatan khalifah membujuknya agar kembali hidup seperti sedia kala, namun ia menolaknya. “Tidak, demi Alloh." Itu tidak akan kuterima !. Aku bukanlah orang yang taat ketika dia masih hidup dan ingkar sesudah dia meninggal. Tidak" aku tidak memerlukan semua itu…”.

    Semoga dengan kisah diatas menjadikan suri tauladan kita semua dan berharap anda sekalian menjadi seorang pasangan idaman bagi pasanganya…amiin ya mujibussa ilin ...

    dalam kisah ini perlu dicermati untuk bekal hidup yang akan datang, dan di jaman sekarang ini seorang istri jarang sekali taat kepada suaminya....



    1 komentar:

    choirul mengatakan...

    subhanallah.. semoga kita bisa menjadi pasangan yang menjadi idaman ya...

    Posting Komentar

    koment :

     
    Copyright (c) 2011 Moslemblog's byAbu ilyas.