Berbaik sangka, kenapa tidak ?

Posted on
  • by
  • ابوالياس
  • in
  • Label:
  • Seberapa seringkah engkau marah kepada Alloh dan menyalahkanNYA? Seberapa seringkah engkau berpaling dan menuduh Alloh secara dholim? Padahal, Dia tetap memberimu rizki dan kekayaan, menjagamu dari musibah dan malapetaka. Tidakkah engkau tahu bahwa segala sesuatu telah tertulis di Lauhul Mahfudz?Jika sesuatu sudah tiba waktunya untuk binasa maka ia akan binasa. Tidak ada yang bisa memajukan ataupun mengundurkannya. Waktu untuk bala’ tidak mungkin tertukar dengan waktu untuk nikmat. Keadaan fakir tidak mungkin tertukar dengan keadaan kaya.

    Bersikaplah yang baik. Tetaplah dirimu dalam sabar dan ridho dan menyesuaikan diri dengan apa yang dikehendaki Alloh ta'ala. Bertaubatlah dari kemarahan-kemarahanmu kepadaNYA, Bertaubatlah dari menyalahkanNYA. Sesungguhnya tidak ada peringatan ataupun musibah tanpa didahului oleh dosa-dosa sebelumnya.

    Dialah Alloh subhanahu wata'ala yang selalu memberikan yang terbaik untuk hambaNYA, baik itu dalam bentuk kebaikan maupun dalam bentuk keburukan ( musibah ). Dialah yang mengetahui awal dan akhir segala sesuatu. Dialah Alloh yang pasti bijaksana dalam segala perbuatanNYA. Dialah yang maha sempurna. Tidak ada yang kurang dalam diriNYA.

    Tunggulah terkuaknya jalan keluar setelah Anda maksimal berusaha, sekalipun dirimu belum bisa menyesuaikan diri dengan ketetapanNYA, belum mampu ridho dengan segala keputusanNYA.

    Bersabarlah, sehingga datang apa-apa yang telah ditetapkanNYA untukmu, hingga masa sulit itu berlalu berganti dengan masa yang lain. Seperti berlalunya musim panas yang berganti dengan musim hujan, maka seperti itu juga malam akan digantikan oleh siang. Percuma saja kau mencari terangnya cahaya siang disaat malam gulita, bahkan gelapnya malam itu akan terus bertambah dan bukan berkurang, hingga puncak malam terlewatkan. Ketika fajar telah menjelang, saat itulah muncul cahaya siang yang kau cari-cari itu, tidak peduli apakah kau suka atau tidak suka akan kehadirannya, ia akan tetap bersinar. Jika pada saat itu kau ganti mencari gelapnya malam, maka harapanmu akan sia-sia, itu tidak akan pernah kau dapatkan. Sebab, dirimu mencari sesuatu tidak dalam tempat dan waktunya, engkau akan selalu kecewa.

    Lepaskanlah keinginan-keinginanmu yang seperti itu. Tetaplah berdiri untuk menyesuaikan diri. Husnudhzonlah terhadap Tuhanmu. Bersabarlah dan itu lebih baik bagimu. Apa yang menjadi jatahmu tidak akan luput dari dirimu dan apa yang tidak menjadi bagianmu maka ia tidak akan datang kepadamu.

     "sebaiknya engkau menghadap dan merendahkan diri dihadapan Tuhanmu, berdo’a dan bermohonlah kepadaNYA. Ini merupakan ibadah dan sesuai dengan perintahNYA :

    “ Berdo’alah kepadaKU, niscaya akan Kuperkenankan bagimu “ ( AlMukmin : 60 ).

    hal senada dalam firmanya :

    “ Dan mohonlah kepada Alloh sebagian dari karuniaNYA” ( Annisa’ : 32 ).


    Bila engkau berdo’a kepada Alloh, maka Alloh akan mengabulkannya bila Dia menghendaki. Ini lebih memberi manfaat bagimu baik di dunia maupun di akhirat.

    Janganlah menggerutu jika do’amu lama tidak terkabul. Dan jangan pula kamu merasa jemu dalam menyeruNYA. Sedikitpun dirimu tidak akan dirugikan meski do’amu tidak dikabulkan dengan segera, tetapi kamu tetap mendapatkan pahala. Disebutkan dalam sebuah hadist shahih, Rosululloh sholollohu alaihi wasallam bersabda :

    “ Seorang hamba melihat dalam lembaran-lembaran catatan amalnya pada hari kiamat beberapa kebaikan yang ia sendiri tidak mengenalnya. Maka dikatakan kepadanya : “ ini adalah permohonanmu ketika didunia yang tidak ditakdirkan utuk dikabulkan “.

    Selanjutnya selalulah engkau berdzikir kepada Alloh, mentauhidkanNYa,  janganlah meminta kepada siapapun selain Alloh. dalam setiap waktu, siang maupun malam keadaanmu pasti berada diantara dua hal, sehat atau sakit, bernasib baik atau buruk, sibuk atau senggang.

    Jika takdir itu membawamu kepada kenikmatan maka yang perlu kamu lakukan adalah bersyukur dan memuji Alloh Subhanahu wataala, Dzat yang memberi tambahan bagi mereka yang bersyukur sebagaimana firmanNYA :

    “ Dan ( ingatlah ) tatkala Tuhanmu memaklumkan, “ sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah ( nikmat ) kepadamu dan jika kamu mengingkari ( nikmatKU ) maka sesungguhnya adzabKU sangat pedih “. ( Ibrohim : 7 )

    Jika takdir itu membawamu kepada keburukan, maka yang perlu engkau lakukan adalah bersabar dan berusaha menyesuaikan diri dengan takdirNYA dalam menunggu taufik, peneguhan,  keberkahan , rahmat, keutamaan, dan karunia dari Alloh Subhanahu wataala.
     Alloh berfirman :

    “ Sesungguhnnya Alloh beserta orang-orang yang sabar “ ( AlBaqoroh : 153 ).


    Ketenanganmu terhadap janji dan ancamanNYA, juga keridhoanmu terhadap keduanya akan membuat dirimu ditolong oleh Alloh, adapun keberkahan dan rahmat dari Alloh yang akan datang kepadamu. Maka dalilnya adalah :

    “ Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan “ Innalillahi wa inna ilaihi rojiun “ mereka itulah yang mendapat keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk “ ( AlBaqoroh : 155-157 ).

    Hal lain yang harus kamu lakukan adalah memohon dengan sangat kepada Alloh, yaitu berdo’a sepenuh hati dan merendahkan diri kepadaNYA sebagai bentuk penghormatan sekaligus pelaksanaan atas perintahNYA. Ini sudah semestinya, sebab Dia telah memerintahkanmu untuk menyeru dan bermohon kepadaNYA. Dia telah menjadikan do’amu sebagai alat yang menghubungkanmu dengan diriNYA, juga sebagai wasilah kepadaNYA.

    Waspadalah agar dirimu tidak jatuh dalam kedholiman ( syirik, kufur dan dosa ) dan melampaui batas. Bila itu sampai terjadi pada dirimu, maka Alloh akan membinasakanmu dan tidak akan peduli lagi kepadamu.

    Seperti itulah yang telah lakukan terhadap umat-umat terdahulu. Mereka ditimpa adzab dunia yang menghinakan dan adzab akhirat yang menyengsarakan.

    Maka renungkanlah.. dan renungkanlah….wahai hamba Alloh..."



    2 komentar:

    auraman mengatakan...

    kita memang harus selalu khuznuzon mas karena tomorrow is mysteri hehehe

    Gollum mengatakan...

    yah "kenapa tidak" !!?

    Posting Komentar

    koment :

     
    Copyright (c) 2011 Moslemblog's byAbu ilyas.