Seorang mukmin berkeluh kesah..?

Posted on
  • by
  • ابوالياس
  • in
  • Label:
  • Berkeluh kesah merupakan watak dasar yang telah dibawa sejak penciptaan manusia. Alloh ta'ala berfirman dalam al-Qur'an:
    "Sungguh manusia diciptakan bersifat suka mengeluh" (al-Ma'arij: 19)
                                                                                                           

    Atau bisa disebut bahwa berkeluh kesah adalah naluri atau watak yang sudah ada dalam diri setiap manusia, sejak lahirnya.

    Bagi sebagian orang, berkeluh kesah merupakan sarana atau cara untuk membebaskan diri dari persoalan dan masalah yang dialaminya.  Atau untuk mengurangi beban pikiran, tapi jika kita tidak berusaha untuk menghilangkan sifat berkeluh kesah, maka akan menjadi kebiasaan. Dimana saja, kapan saja dan kepada siapa saja, ia akan berkeluh kesah. Seakan-akan hanya ia orang yang paling menderita di dunia ini. Padahal jika kita mau bertafakur, betapa banyak nikmat yang telah Allah karuniakan kepada kita.

    Allah tidak menyukai orang yang suka berkeluh kesah, karena keluh kesah adalah gambaran ketidakdewasaan seseorang dalam menghadapi problema hidup. Selain itu, berkeluh kesah hanya akan menunjukkan kelemahan hati dan ketidakmampuan diri dalam menghadapi kenyataan hidup.

    Semua orang di dunia ini, pasti tidak akan lepas dari berbagai macam ujian dan cobaan melebihi batas kemampuan hamba-Nya. Seperti firman Allah dalam al-Qur'an surat al-Baqarah: 286,
    "Allah tidak membebani seseorang melainkan dengan kesanggupannya."

    Seorang mu'min mempunyai cara sendiri dalam menghadapi watak dasar manusia ini. Ia yakin bahwa apapun yang dialaminya dan semua yang terjadi pada dirinya adalah sebuah takdir Allah. Ia juga selalu ber-khusnuzhan bahwa Allah lebih tau apa yang terbaik bagi hamba-hamba-Nya. Seorang mu'min tidak akan pernah berpikir bahwa Allah tidak adil terhadapnya karena keimanannya yang kuat akan takdir Allah. Semuanya telah diserahkan sepenuhnya kepada Allah. Disamping ikhtiar dan doa yang selalu ada.

    Pribadi yang tangguh adalah pribadi yang berjiwa besar dan berhati kokoh, bukan pribadi yang suka berkeluh kesah. Pribadi yang selalu berpikir positif. Oleh karena itu, sebagai seorang mu'min kita harus mempunyai pribadi yang tangguh dan menjauhi sifat berkeluh kesah agar kita mampu menghadapi segala kesulitan hidup, sehebat apapun itu.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    koment :

     
    Copyright (c) 2011 Moslemblog's byAbu ilyas.