manfaat tahajud dalam sisi medis

Posted on
  • by
  • ابوالياس
  • in
  • Label:
  • Dalam tubuh manusia terdapat siklus-siklus pengeluaran hormone, siklus hormonal ini mengatur ritme metabolisme dalam tubuh.
    Salah satu siklus hormone ada yang dianamakan Siklus Sirkardian (circadian cycle). Yaitu pengeluaran hormonal rutin yang Alloh  ciptakan sedemikian rupa, sehingga tercipta sebuah keharmonisan. Keharmonisan inilah yang mengatur bahwa kegiatan aktifitas kita adanya di siang hari, dan waktu istirahat kita ada di malam hari. Oleh karena itu Rasulullah tidak beraktifitas di malam hari, dan Rasulullah  tidur di siang hari.

    Dalam siklus Sirkadian ini, ada sebuah hormone yang dikeluarkan dan mencapai index tertingginnya pada jam 12 malam hingga 6 pagi. Hormon ini dinamkan ACTH Adrenocorticotroichormon, hormone ini merangsang pengeluaran pengeluaran zat-zat yang dikeluarakan oleh bagian tepi ginjal (korteks).


    Pengaturan Hormonal

    CRH (HIPOTALAMUS)

    ACTH (HIPOFISIS ANTERIOR)

    ALDOSTERON (KORTEKS ADRENAL)

    KORTISOL ( KORTEKS ADRENAL)

    ANABOLIK DAN SEKS (KORTEKS ADRENAL)

    EPINEFRIN DAN NOREFINEFRIN (MEDULA ADRENAL)

    STRES

    Diagram di atas menunjukan bahwa untuk mengatasi keadaan stress seseorang diperlukan hormone anti stress yaitu Epineprin dan Noreefinefrin. Kedua hormone ini dihasilkan oleh Medula Adrenal (bagian tengah ginjal) setelah melaui proses pengeluaran hormon2 yang mendahuluinya, bisa anda lihat di diagram, hormon apa saja yang harus diperlukan untuk menghasilkan dua hormone anti stess tsb.

    Salah satu zat yang dihasilkan oleh korteks yaitu kortisol, fungsi dari kortisol ini sendiri yaitu :
    1. Metabolisme karbohidrat dan asam amino dengan meningkatkan konsentrasi gula dalam darah
    2. Memperkuat kerja jantung dan merangsang epinefrin edan angiotensin II
    3. Menghambat ekskresi urine
    4. Menyebabkan EEG pada otak dan jiwa (euphoria, defresi
    mudah tersinggung,emosi yang labil)
    5. Menghambat pembentukan limfosit

    Hormon ACTH yang diperlukan untuk merangsang keluarnya kortisol ini, dipengaruhi oleh banyaknya jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh kita, oksigen murni dalam jumlah kuantitas yang besar hanya ada di waktu malam menjelang pagi (2/3 malam) yaitu ketika siklus Respirasi yang dilakukan tumbuhan sedang berganti, pada saat 2/3 malam tumbuhan mengsilkan banyak oksigen yang kita butuhkan untuk mengaktifkan hormone ACTH. Dengan bangun di malam hari dan melakukan sholat tahajud, maka saat itu kita menghirup oksigen murni yang begitu berlimpah, gerakan shalat kita ternyata juaga di desain oleh ALLoh untuk mengktifkan hormon-hormon dalam tubuh kita.
     
    Oleh karena itu dengan bangun di malam hari dan melakukan sholat tahajud, kita akan terhindar dari stress dan berbagai penyakit lainnya, serta akan meningkatka sistem IMUNITAS yang kita kenal dg NK sel (natural killer) yang akan melindungi kita dari berbagai penyakit. Karena itu juga sholat malam sangat baik dijadikan terapi wajib bagi penderita KANKER, dan penyakit penurunan imunitas tubuh.
     
     Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Alloh subhanahu wataala mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.

    ‘’Pada tiap malam Allah turun ke langit dunia ketiak tinggal sepertiga malam yang akhir.Ia berfiman; Barangsiapa yang menyeruku, akan aku perkenankan seruannya. Barangsiapa yang meminta ampunan kepadaku, aku ampuni dia (HR Bukhari dan Muslim)

    Shalat tahajud adalah shalat yang diwajibkan kepada rosululloh sebelum turun perintah shalat wajib lima waktu, sekarang shalat tahajud merupakn shalat yang disunnahkan untuk dilaksanakan.

    wallahu a'alam bishowab

    dr berbagai sumber

    0 komentar:

    Posting Komentar

    koment :

     
    Copyright (c) 2011 Moslemblog's byAbu ilyas.