Penemuan terbaru robot berbahasa Arab.

Posted on
  • by
  • ابوالياس
  • in
  • Label:
  • robot gif Pictures, Images and PhotosRobot berjanggut, Ibn Sina, buatan tim dari UAE (United Arab Emirates) University kini tak hanya jadi salah satu Facebooker saja. Dengan keahliannya yang semakin mumpuni, ia bisa juga diajak untuk nge-mall. Atas kreasi dari tim pimpinan Dr. Nikolaus Mavridis, robot ini bisa menjalankan beberapa pekerjaan di mall. Sebut saja, selain bisa menjadi shopping asisstant alias asisten belanja, ia juga bisa dipakai sebagai resepsionis dan staff penjualan.

    Robot humanoid yang diklaim sebagai robot berbahasa Arab pertama ini diproduksi secara massal dan ditawarkan bagi siapapun yang ingin mempekerjakannya. Dilansir detikINET dari News.com, Kamis (5/11), dana sebesar US$ 221.754 telah diinvestasikan dalam pembuatan robot ini.

    “Ini adalah robot humanoid pertama yang bisa berbahasa Arab. Kami telah menempatkannya di Al-Ain Mall,” ujar Marvidis. Ibn Sina memang telah dijejali modul software sehingga memungkinkan robot ini untuk melihat, mendeteksi wajah, memahami percakapan, menerjemahkan pidato ke dalam bentuk teks, serta merespon semuanya itu.

    Sebelum menjadi ‘pegawai’ mall, robot yang penampilannya mencerminkan karakter sesungguhnya dari filosofer Islam terkenal, Ibn Sina ini, juga telah ngeksis di Facebook dengan dibuatnya akun di situs tersebut. Tujuannya adalah untuk mendekatkan manusia dengan teknologi bermesin ini.

    Courtesy : detikinet.com

    1 komentar:

    Faril mengatakan...

    wah,,keren nih..dunia robot bakal beneran jadi keyataan..seperti di film i-robot dimana robot akan menjadi pekerja dan melayani manusia

    Posting Komentar

    koment :

     
    Copyright (c) 2011 Moslemblog's byAbu ilyas.