Cemilan gurih dari tulang ikan

Posted on
  • by
  • ابوالياس
  • in
  • Label:
  • Snack dari tulang ikan atau fish bone snack merupakan makanan ringan yang diolah dengan metode cooking vakum dalam pressure cooker untuk melunakkan tulang ikan sebagai bahan bakunya. kemudian hasil rebusn tersebut goreng.

    Meskipun dalam pembuatannya snack tulang ikan ini sederhana dan relatif mudah, namun produk ini memang belum begitu dikenal oleh masyarakat. hal ini wajar saja karena selma ini tulang ikan dikenal hanya dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan tepung, yang ujung-ujungnya untuk pakan ternak. Padahal nilai gizi dari tulang ikan lebih-lebih ikan yang hidup dalam perairan dalam (deep sea) dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan manusia. sehingga usaha untuk membuat pangan dari bahan dasar tulang ikan hendakanya dilakukan, salah satunya dengan membuat produk diversifikasi menjadi fish bone snack.

    Tulang ikan baik yang dari toleostei (ikan bertulang sejati) ataupun dari elasmobranchi (ikan bertulang rawan) secara umum adalah bentuk jaringan penyambung padat yang terspesialisasi, matriksnya lentur dan luwes. Matriks tulang terdiri dari bahan organik dan anorganik. Sebagian besar bahan organik penyusun tulang adalah kalsium dan fosfor, sebagian kecil ditemukan unsur magnesium, kalium, natrium, sedangkan bahan organik terdiri dari serabut kolagen dan zat amorf yang mengandung glikosaminoglikan yang berhubungan dengan protein. Kalsium yang berasal dari hewan yaitu trikalsium sulfat dari tulang ikan sangat ideal untuk tubuh manusia. Rasio kalsium dan fosfat pada tulang manusia terdiri atas 1 : 2 dalam bentuk kompleks trikalsiumfosfat dan ini sangat sesuai dengan rasio Trikalsiumfosfat tulang ikan (1 : 2). Sebagai contoh, berdasarakan penelitian kandungan utama tulang ikan adalah kalsium karbonat, sodium klorida (garam), kalsium fosfat, garam magnesium dan mikro trace elemen yang berlimpah.

    Pada pembuatan produk ini, prinsipnya yaitu dengan melunakkan tulang ikan terlebih dahulu. Untuk melakukannya maka diperlukan suatu alat yang dapat memasak dengan menggunakan tekanan, sehingga tulang menjadi lunak. Biasanya alat ini disebut juga pressure cooker. Jika sudah lunak, maka siap untuk diberi tepung dan bumbu lalu digoreng.

    Cara memasaknya menggunakan panci bertekanan (orang lebih mengenalnya dengan alat pembuatan presto), Memasak dengan tekanan bergantung pada uap, prosesnya tidak semudah metode memasak dengan uap yang sedikit, seperti memanggang, menggoreng, dan lain sebagainya. Biasanya tekanan yang digunakan sebesar 15 psi, yaitu standar yang dikeluarkan USDA pada tahun 1917. Dengan tekanan ini air akan mendidih pada suhu 1250C. Dengan temperatur yang lebih tinggi akan membuat makanan masak lebih cepat. Namun demikian, perlu diatur derajat suhu pemasakan agar proses pelunakan berjalan optimal dan tidak merusak produk.

    sumber :nakedfisher.blogspot.com/ 

    0 komentar:

    Posting Komentar

    koment :

     
    Copyright (c) 2011 Moslemblog's byAbu ilyas.