Makan Ala Rosululloh

Posted on
  • by
  • ابوالياس
  • in
  • Label:
  • Dalam kitab yang ditulis Ibnu Qayyim Al-Jauziah dihimpun tulisan beberapa etika dan petunjuk bagaimana Rasul makan dan minum.


    Rasulullah tidak pernah menolak makanan yang ada dan tidak pernah pula membebani dengan mencari makanan yang tidak ada. Apapun makanan yang baik yang ada di dekat beliau tentu beliau memakannya, terkecuali beliau tidak menyukainya beliau tidak pernah mencelanya sama sekali. Sebagai contoh ketika sahabat memakan daging kadal padang pasir, karena Rasulullah tidak terbiasa memakannya beliau hanya memandang saja para sahabat yang sedang makan. Saat itu sahabat langsung berhenti makan melihat Rasul yang tidak makan, mereka bertanya apakah kadal padang pasir ini termasuk haram? Rasulullah menjawab, tidak hanya saja beliau tidak biasa makan kadal padang pasir, namun beliau tidak mencela makanan itu sama sekali.

    Rasulullah sangat suka madu, manisan, labu yang dimasak, susu, kurma masak dan kurma biasa. Beliau juga pernah memakan daging onta, daging domba, daging ayam, burung puyuh, daging keledai liar, daging kelinci, makanan laut, makanan panggang. Rasulullah pernah minum susu murni, susu campuran, adonan tepung, madu dicampur air, dan minum sari kurma. Beliau pernah makan khaziirah yaitu sup yang terdiri dari campuran susu dengan tepung, pernah makan ketimun Mesir yang dicampur kurma masak. Pernah mengkonsumsi susu fermentasi, makan kurma dengan roti, makan roti dengan cuka, makan tsaarid yaitu roti yang dicampur sup daging, makan roti dicampur dengan lemak cair atau wadak. Beliau pernah makan hati yang dipanggang, daging yang diasinkan. Pernah juga makan makanan yang direbus, roti daging yang dicampur dengan lemak, makan keju, makan roti yang dicampur dengan zaitun dan makan semangka dicampur kurma masak.

    Sebaliknya apabila beliau tidak menemukan makanan beliau tidak memaksakan diri untuk mencarinya. Beliau bersabar hingga pernah mengikat perutnya dengan batu karena laparnya. Pernah berbulan-bulan di dapur rumah beliau tidak terlihat nyala api, subhanallah.

    Beliau ketika makan diletakkan di atas nampan sambil duduk di tanah/lantai dengan tidak bersandar. Ketika awal makan mengucapkan basmallah dan diakhirkan dengan alhamdulillah. Beliau makan dengan tiga jarinya (ibu jari, telunjuk & jari tengah). Makan dengan demikian adalah yang terbaik dalam makan, karena orang yang sombong makan satu jari, orang rakus makan dengan lima jari dan tidak berhenti. Rasulullah menjilati tiga jarinya usai makan.

    Beliau pernah memperingatkan dengan keras ketika sahabat minum dengan posisi berdiri. pada saat minum. Beliau mengambilkan untuk orang yang ada di sisi kanannya, meskipun orang yang di sisi kirinya lebih tua dari beliau.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    koment :

     
    Copyright (c) 2011 Moslemblog's byAbu ilyas.