Waktu pagi yang penuh barokah

Posted on
  • by
  • ابوالياس
  • in
  • Label:
  • Duhai saudara-saudariku yang dirahmati oleh Allah ta'ala...      
    "Ya Allah berkahilah umatku di pagi hari mereka." (Al-Hadits)
    Imam an-Nawawi menyimpulkan dari hadits tersebut, bahwa sebaik-baik waktu dan seberkah-berkahnya untuk melakukan amal-amal shalih adalah di awal hari. Misalnya, seseorang yang mempunyai wirid harian, atau memiliki kebiasaan membaca satu hizib al-Qur'an setiap hari, atau menghafal sesuatu dari ilmu pengetahuan, bekerja, membajak sawah dan berbagai aktifitas lainnya.
    Ini semua sudah sama-sama dimaklumi melalui pengalaman dan ditetapkan melalui penelitian, serta dikuatkan oleh syari'ah dan dicintai oleh jiwa. Sebab pagi itu adalah awal sebuah keberangkatan.

    Di dalamnya fajar bernafas, kesedihan sirna, angin sepoi berhembus, cahaya terbit, burung-burung berkicau, bunga-bunga mekar, merpati mulai bernkicau, kehidupan kembali bergulir, dan aktifitas kembali semarak, subhanallaah...



    Maka barangsiapa yang ingin memperoleh kemajuan dalam ilmu, dalam pekerjaan, dalam mata pencaharian, dalam bisnis, dalam berproduksi atau kegiatan menulis, hendaknya ia melakukannya di pagi hari... Sebab saat itu pikiran kita mudah berkonsentrasi, jiwa dan raga pun masih demikian tenang dan segar.

    Sesunguhnya satu jam setelah fajar jauh lebih berkah, lebih utama dan lebih mendatangkan bahagia, daripada sekian jam di waktu lainnya. Apabila tidak ada yang diperoleh bagi seseorang yang bekerja kecuali berkah dari doa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, "Semoga Allah memberikan berkah pada umatku di pagi hari." (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan At-Darimi).

    MasyaAllah, itu sudah cukup baginya sebagai kebaikan, keutamaan dan berkah, Allahumma aamiin...

    0 komentar:

    Posting Komentar

    koment :

     
    Copyright (c) 2011 Moslemblog's byAbu ilyas.