Tips Mencerdaskan otak anak.

Posted on
  • by
  • ابوالياس
  • in
  • Label:
  • Merangsang kecerdasan otak buah hati tidak perlu mainan mahal. Joshua Sparrow, M.D., ahli psikiatri dari Harvard Medical School merekomendasikan para orangtua untuk rajin mengajak buah hatinya mengeksplorasi hal-hal baru dengan merangsang kelima inderanya.
    Interaksi sosial dan rangsangan fungsi indera secara maksimal bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. Berikut lima cara sederhana agar buah hati Anda tumbuh cerdas.

    1. Jalan-jalan ke luar rumah
    Sering-seringlah mengajak buah hati jalan-jalan ke luar rumah. Matanya akan melihat banyak warna, kulitnya akan merasakan perubahan suhu, dan ia akan belajar beradaptasi dengan banyak orang. Mengajaknya berjalan-jalan di mal memang tidak masalah, tetapi sebaiknya lebih sering membawanya ke taman atau kebun yang memiliki udara segar.
    2. Mencuci
    Sesekali ajak balita Anda dalam aktivitas mencuci. Balita belajar banyak dengan aktivitas itu. Anda bisa mengajak buah hati usia tiga tahun untuk membawa baju kotornya ke tempat cuci, lalu memintanya menyalakan kran air. Selain senang, sejumlah indera buah hati Anda juga terangsang dengan pengalaman baru.
    3. Banyak bertanya
    Saat buah hati Anda sibuk bermain, selingi dengan sejumlah pertanyaan ringan seperti bagaimana suara-suara hewan. Sebelum makan, Anda juga bisa meminta buah hati menghirup aroma makanannya. Tanyakan bagaimana aromanya. Dengan begitu otak dan indera penciumannya terangsang.
    4. Mendongeng
    Suara Anda bagi buah hati lebih menarik dibandingkan suara robot atau boneka yang dibelikan untuknya. Balita lebih suka kalau orangtuanya mendongeng atau bernyanyi untuknya. Mereka akan merasa sangat terhibur dan hal itu membuat informasi yang Anda sampaikan bisa diserap dengan mudah. Mendongeng tidak hanya sekedar bercerita, tetapi juga proses belajar bagi anak. Mereka bisa mendapatkan informasi baru melalui cerita. Mereka juga bisa mempelajari gerak tubuh dan suara pencerita.

    VIVAnews

    0 komentar:

    Posting Komentar

    koment :

     
    Copyright (c) 2011 Moslemblog's byAbu ilyas.