Cegukan ( tips cara mengatasinya )

Posted on
  • by
  • ابوالياس
  • in
  • Label:
  • Setiap orang pasti pernah mengalami hal ini, CEGUKAN. Cegukan terjadi ketika diafragma, otot di dasar paru-paru, mengalami kejang.
    Kekejangan itu menyebabkan pita suara menutup dengan cepat dan terdengarlah suara keras cegukan.
    - National Library of Medicine di Amerika Serikat mengatakan bahwa makanan pedas dan berbumbu serta asap tebal adalah pemicu cegukan. Pneumonia, radang selaput dada, atau kerusakan daerah tertentu di otak yang mengontrol pusat cegukan bertanggung jawab pada terjadinya cegukan.

    - Cara mudah menyembuhkan cegukan adalah menahan napas, minum segelas air dingin, atau makan sesendok gula.
    - Anda juga dapat mencoba menghentikannya dengan meletakkan kantong kertas di depan mulut dan mencoba bernapas dari kantong kertas itu selama beberapa menit.
    - Jarang terjadi cegukan lebih dari beberapa menit. Jika cegukan berlangsung selama beberapa hari, maka langkah yang bijak yakni berkonsultasi ke dokter

    ataupun bisa mengunakan cara berikut ini  :

    * Pijat daun telinga Anda. Pijat-pijat bagian yang biasanya ditindik untuk menaruh anting, yakni daun telinga bagian bawah. Bisa jadi terdengar aneh, namun banyak orang yang sudah melakukannya dan berhasil. Tak ada yang tahu pasti apa hubungannya. Namun, dipercaya bahwa bagian yang mengontrol atau menyebabkan cegukan terletak di bagian belakang leher, di atas kolom tulang belakang.

    * Tak berhasil dengan pijatan di daun telinga? Coba ambil sesendok teh gula pasir, lalu telan. Nampaknya gula mengaktifkan saraf di bagian mulut dan menenangkan diafragma (otot di bawah paru-paru yang menyebabkan cegukan). Ada juga yang mengulum sesendok teh gula hingga larut di dalam mulut.

    * Ambil napas mendalam, lalu tahan sekuatnya (kira-kira 1 menit). Tahan atau coba buat gerakan menelan tiap kali ada rasa mau mulai cegukan.

    * “Obat” yang seringkali dipercaya oleh orangtua adalah dengan minum air sebanyak-banyaknya. Bisa juga diganti dengan menelan beberapa es batu yang dipecah-pecah.

    * Makan roti kering.

    * Duduk di lantai dan peluk lutut hingga menekan dada, peluk erat. Hal ini akan menekan dada dan memaksa semua udara di dalam paru-paru untuk keluar. Tahan beberapa saat, lalu lepaskan.

    * Mainkan kapas di bagian dinding atas mulut Anda.

    * Tutup mata Anda, lalu berikan pijatan. Ada pula yang mengatakan agar sedikit menekan mata Anda yang tertutup.

    [kompas.com]

    0 komentar:

    Posting Komentar

    koment :

     
    Copyright (c) 2011 Moslemblog's byAbu ilyas.