Rasa Malu, Mutiara Yang Terkubur

Posted on
  • by
  • ابوالياس
  • in
  • Label:

  • Rasa Malu, Mutiara Yang Terkubur
    Ia begitu indah. Menghiasi hati pemeliharanya dengan pancaran sinar kebaikan. Akan tetapi, ia kini menghilang. Terpendam dalam kegelapan hati yang melupakannya. Itulah rasa malu. Bagaikan mutiara yang terkubur. Ia adalah keistimewaan para manusia, akhlak yang agung, tanpanya tidak ada kebaikan sedikitpun dalam kehidupan.


    Apa Itu Malu?
    Malu adalah getaran rasa takut dan segan yang terjadi di dalam hati untuk melakukan sesuatu yang telah diharamkan oleh Allah Ta'ala, untuk tidak melakukan sesuatu yang telah diwajibkan Allah Ta'ala, atau untuk melakukan sesuatu yang tidak dianggap baik oleh manusia selama hal tersebut juga tidak dianggap baik oleh syariat.
    Sehingga rasa malu menjadi penghalang antara keberanian untuk melakukan kemaksiatan dan menahan diri dari melakukannya, karena rasa malu ibarat bendungan yang apabila hancur, maka air pun akan mengalir dan menenggelamkan segala sesuatu. Oleh karena itu, jika seseorang tidak memiliki rasa malu, maka dia tidak memiliki bendungan, sehingga tidak ada yang menghalanginya dari melakukan kemaksiatan. Rasa malu juga tidak akan terjadi kecuali karena kebaikan. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sifat malu itu tidak mendatangkan sesuatu melainkan kebaikan." (HR. Bukhari dan Muslim)

    Setangkai Cabang Keimanan
    Seiring dengan bertambahnya rasa malu, maka keimanan pun bertambah. Sebaliknya, jika rasa malu itu berkurang, berkurang pula keimanannya. Karena rasa malu adalah sebagian dari iman. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Keimanan memiliki tujuh puluh atau enam puluh sekian cabang. Yang paling tinggi adalah ucapan “Laa ilaaha illallaah” dan yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan. Sedangkan rasa malu adalah satu dari cabang-cabang iman.” (HR. Bukhari dan Muslim)

    Obat Penawar Keburukan
    Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya di antara perkara yang telah dipahami oleh manusia dari perkataan kenabian pertama adalah 'Jika kamu tidak malu, maka lakukanlah apa yang kamu suka.'” (HR. Bukhari)
    Maksudnya adalah bahwa sesungguhnya penghalang keburukan adalah rasa malu. Oleh karena itu, orang yang rasa malu telah hilang dari dalam hatinya, dia akan berbuat apa yang dia suka. Dia tidak merasa malu di hadapan manusia, di hadapan dirinya sendiri, bahkan di hadapan Allah Ta'ala. Maka dia pasti akan mendapatkan balasan dari apa yang dia perbuat.
    Abu Dulaf al-'Ijli rahimahullahu berkata:
    Apabila kamu tidak menjaga kehormatan..
    Dan tidak takut Sang Pencipta..
    Juga tidak merasa malu terhadap makhluk..
    Maka lakukan apa yang kamu suka..

    Rasa Malu Tidak Menghalangi Amar Ma'ruf Dan Nahi Munkar
    Allah Ta'ala berfirman yang artinya, “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali 'Imran: 104)
    Dosa yang pernah kita perbuat bukanlah menjadi alasan untuk meninggalkan amar ma'ruf nahi munkar. Karena meninggalkannya juga termasuk dosa. Padahal setiap anak Adam sering melakukan kesalahan, bahkan setiap da'i pun pernah berbuat kesalahan. Seorang penyair berkata:
    Jika saja orang yang berbuat dosa tidak pantas untuk menasehati manusia
    Siapakah yang pantas menasehati para pelaku maksiat setelah kematian Nabi Muhammad

    Rasa Malu Bukan Penghalang Menuntut Ilmu
    Sebagaiamana yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Shahih-nya dari Mujahid berkata: “Tidak akan belajar ilmu orang yang pemalu dan sombong.” Rasa malu bukanlah penghalang seseorang untuk berbuat kebaikan. Terlebih lagi kebaikan yang sangat agung, dimana kita diperintahkan untuk berlomba-lomba di dalamnya, seperti menuntut ilmu. Sungguh tidak sepatutnya rasa malu menghalangi kita menghadiri majelis ta'lim, bertanya tentang agama, dan mendalami syariat Islam. Sebagaimana kaum wanita anshor yang terkenal dengan sifat malu, akan tetapi hal itu tidak menghalangi mereka dari mempelajari agama mereka. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahih-nya dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, dia mengabarkan: “Sebaik-baik wanita adalah wanita kaum Anshar. Rasa malu mereka tidak menghalangi mereka untuk mendalami ilmu agama.”

    Tidak Menampakkan Perbuatan Kemaksiatan Adalah Rasa Malu
    Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Seluruh umatku akan diampuni kecuali orang-orang yang terang-terangan (bermaksiat). Di antaranya adalah seorang lelaki yang pada malam hari melakukan satu perbuatan maksiat, padahal Allah Ta'ala telah menutupi aibnya tersebut, tetapi ketika di pagi hari, dia berkata: 'Wahai Fulan, tadi malam aku telah melakukan ini dan itu.' Pada malam hari Rabb-nya telah menutupi aibnya, akan tetapi ketika pagi hari dia membuka penutup tersebut darinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

    Fenomena Rasa Malu
    Sebagai contoh nyata adalah sikap malu seorang remaja putri yang bertemu dengan Nabi Musa 'alaihis salam, yang kisahnya telah disebutkan dalam surat Al-Qashash: 25. Allah Ta'ala telah menyifatinya dengan rasa malu di dalam cara jalan dan bicaranya, yang semuanya dihiasi dengan rasa malu.
    Namun kenyataan sekarang berbicara lain. Kebanyakan wanita sekarang menjadi pameran fashion. Mereka keluar rumah membuka aurat, ber-tabarruj, dan memakai wangi-wangian. Sungguh rasa malu telah hilang dari mereka. Bahkan tidak sedikit kaum lelaki tanpa rasa malu mengumbar pandangan untuk mengintai aurat wanita. Tidakkah mereka tahu bahwa Allah Ta'ala Maha Mengetahui mata-mata yang berkhianat dan segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati? Tidakkah mereka tahu bahwa pandangan mata adalah panah beracun dari panah-panah setan laknatullah? Panah tersebut bisa saja menghancurkan keimanan. Sehingga ia berpeluang besar berpindah dari satu maksiat ke maksiat lain.
    Ibnu as-Samaak rahimahullahu berkata:
    Hai pecandu dosa, tidakkah kamu merasa malu..
    Padahal Allah bersamamu di dalam kesendirianmu..
    Penangguhan dosa dari Rabbmu telah menipumu..
    Juga banyaknya keburukan yang telah ditutupi untukmu..

    Oleh karena itu, sudah seharusnya bagi kita agar bersikap malu untuk melakukan kemaksiatan dan meninggalkan kewajiban. Akan tetapi, tidak selayaknya kita bersikap malu untuk meninggalkan keburukan dan mengerjakan kebaikan. Janganlah kita biarkan mutiara yang begitu indah terkubur dalam kegelapan hati. Akan tetapi, hiasilah hati kita dengan sinar kemuliaannya yang berkilau. Allahu al-Musta'an.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    koment :

     
    Copyright (c) 2011 Moslemblog's byAbu ilyas.