Permainan kwartet Arabiyyah

Posted on
  • by
  • ابوالياس
  • in
  • Label:
  • pernah melihat permainan kartu Kwartet, atau mungkin pernah memainkannya? Permainan ini sangat menarik dan sering pula digunakan anak-anak untuk mengisi waktu luang.

    Kwartet Arabiyyah yang disipakan untuk anak-anak anda adalah sebuah permainan yang bertujuan untuk mengenalkan kepada anak-anak beberapa kata dalam bahasa Arab, untuk mulai menumbuhkan kecintaan mereka kepada bahasa Arab. Tidak saja menarik untuk anak-anak, bahkan permainan ini pun dapat dimainkan seluruh anggota keluarga. Seluruh gambar dalam kartu-kartu ini berasal dari arabicfirst.co.uk dan sumber-sumber lain via internet.

     

                     

    Nama Permainan: Kwartet Arabiyyah
    Tujuan: Untuk menambah perbendaharaan kata bahasa Arab dalam beberapa kelompok yang banyak digunakan.
    Sasaran: Anak usia 6 tahun ke atas(minimal tamat iqra 5)
    Jumlah Pemain: 4 orang

    Kwartet Arabiyyah adalah sebuah permainan yang dimainkan oleh 4 orang anak. Permainan ini terdiri dari 8 kwartet kartu dengan total sebanyak 36 kartu (32 kosa kata). Disertai juga dengan 3 kwartet cadangan (12 kartu) sehingga memungkinkan untuk dimainkan 5 orang anak. Permainan ini dilakukan dengan cara mengumpulkan empat kartu dengan kategori yang sama sehingga menghasilkan kwartet.

    Persiapan:
    • Lembaran dicetak (print0 di atas kertas karton berwarna putih. Sebaiknya dilapisi dengan karton lainnya dengan mengunakan lem kertas yang baik sehingga menghasilkan kartu yang lebih tebal dan tidak mudah rusak (Tipis: setelah dilekatkan dengan lem kartu akan menjadi sangat lembab. Disarankan untuk mengeringkannya dengan ditekan dengan setrika panas dan dilapis dengan selembar kain, sehingga kartu lebih cepat kering dan menempel dengan kuat).
    • Guntinglah kartu-kartu tersebut agar siap dimainkan.

    Cara bermain:
    1. Kartu dikocok dan dibagi kepada 4 pemain, masing-masing pemain mendapatkan 4 lembar kartu. Sisa kartu ditumpuk dengan arah terbalik.
    2. Pemain yang mendapat giliran pertama bertanya kepada salah satu pemain lain nama kartu yang hendak dikumpulnya menjadi kwartet. Misalnya yang hendak dikumpulkan adalah kwartet hewan seperti contoh, maka yang harus dikumpulkan adalah kartu lain dengan warna atas yang sama dan nama-namanya terdapat dalam kartu. 
    3. Jika pemain yang dimintai memiliki kartu tersebut, maka dia harus menyerahkan kartunya, dan pemain pertama dapat melanjutkan permainan dan bertanya untuk kartu lainnya. Jika kartu yang diinginkannya tidak ada, maka dia mengambil satu kartu dari atas tumpukan kartu, dan permainan dilanjutkan oleh pemain berikutnya. Permainan berlanjut dengan cara seperti pertama, hingga semua kartu habis. Pemain yang mengumpulkan kwartet terbanyak memenangkan permainan.
    Game Kwartet Arabiyyah                                                              

    1 komentar:

    Mr SPW mengatakan...

    keren ini joosss

    Posting Komentar

    koment :

     
    Copyright (c) 2011 Moslemblog's byAbu ilyas.